propeller

Kamis, 30 Januari 2014

Cara Mengobati Sakit Disebabkan Terbakar Sinar Matahari

Menerapkan banyak tabir surya dan bayangan adalah cara terbaik untuk menghindari sengatan matahari (sunburn). Para ilmuwan juga baru ditemukan protein dalam tubuh yang memicu rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan matahari dan antibodi yang dapat mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit adalah melalui percobaan pada tikus. Menurut dokter kulit, mengambil penghilang nyeri seperti ibuprofen dan aspirin adalah salah satu cara untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan matahari. Namun ada juga sejumlah pilihan obat alami untuk membantu mengatasinya.
Berikut adalah cara untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh terbakar sinar matahari secara alami :
1. Aloe Vera

Di apotek atau toko obat lainnya, Anda dapat menemukan gel lidah buaya untuk meringankan rasa sakit dari sengatan matahari karena antioksidan dan anti-inflamasi. Bahkan jika Anda bisa mendapatkan gel segar dari tanaman, maka khasiat jauh lebih baik daripada produk yang dijual di atas meja.
2. Vitamin E dan C

Beberapa situs kesehatan alami merekomendasikan bahwa menerapkan vitamin E minyak pada kulit yang terkena sunburn nyeri hilang sekaligus membantu melembabkan kulit. Banyak ilmuwan setuju bahwa vitamin E dan C mampu bekerja sebagai sarana pencegahan luka bakar yang disebabkan oleh sengatan matahari.
3. Cuka

Cuka (cuka sari apel pada khususnya) adalah salah satu bantuan sunburn paling populer dapat diperoleh di rumah. Cuka adalah antiseptik dan dapat membantu mendinginkan kulit sambil menguap, cuka dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dengan menghilangkan sengatan dari sengatan matahari perasaan, meskipun bekerja hanya memberikan sensasi dingin pada kulit.
4. Es batu dan mandi air dingin

Keren mandi dapat membantu mendinginkan kulit dan membuat Anda merasa lebih baik. Tentu, es batu juga merupakan bagian dari taktik pendinginan, tapi hati-hati ketika menerapkan es untuk luka bakar karena hal ini dapat menyebabkan sensasi panas semakin parah dengan menciptakan "ice burn" atau sensasi terbakar akibat sengatan es.
5. Baking soda

Meski belum ada penelitian yang mendukungnya, banyak orang yang beralih menggunakan baking soda untuk menghilangkan sengatan matahari. Baking soda menciptakan lingkungan basa untuk menenangkan kulit serta sebagai antiseptik dan dapat membantu mengatasi gatal-gatal.
6. Susu

Segelas susu dingin tentu menyegarkan, namun beberapa situs kesehatan menunjukkan bahwa diterapkan pada susu dingin dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari. Susu dapat membantu mengurangi rasa sakit, gatal dan terbakar bila digunakan dalam bentuk kompres dingin.
7. Madu

Madu bersifat antibakteri dan memang beberapa studi telah menunjukkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan luka, menerapkan madu untuk luka yang disebabkan oleh sinar matahari dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi epitel kulit baru.
8. Tomat

Tomat dioleskan pada luka yang disebabkan oleh sinar matahari dapat membantu meringankan rasa sakit. Tomat dapat menyembuhkan kulit terbakar, namun tomat dapat berguna untuk mencegah munculnya luka. Smear pasta tomat pada kulit dapat membantu mencegah kulit terbakar. Hal ini mungkin karena tomat kaya akan senyawa kimia yang disebut lycopene yang dapat membantu mengurangi luka yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet pada sinar matahari.
9. Havermut

Ekstrak gandum telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan matahari.

0 komentar:

Posting Komentar