propeller

Kamis, 30 Januari 2014

Langkah Mudah Agar Tetap Awet Muda

Seseorang tidak dapat melarikan diri dari kenyataan bahwa ia akan menjadi tua dari waktu ke waktu. Tapi Anda bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini dan terlihat lebih muda hanya dengan menerapkan beberapa langkah mudah.
Berikut adalah langkah mudah untuk tetap awet muda secara alami :
1. Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak
Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi pikiran Anda. Jadi, penting untuk mulai makan makanan sehat pada remaja awal dua puluhan atau untuk mencegah tekanan mental. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang dewasa Amerika antara usia 18-24 tahun telah menderita gangguan kesehatan mental. Nutrisi yang tepat adalah faktor kunci dalam memerangi kondisi yang berhubungan dengan stres mental seperti menghindari makanan olahan, gula, kafein, dan alkohol. Hal ini akan mengurangi permintaan pada kelenjar adrenal, yang bertanggung jawab untuk mensekresi kortisol (hormon stres) dan berperan dalam mengelola metabolisme.
2. Menyeimbangkan hormon
Tingkat hormon yang seimbang untuk memerangi kondisi penuaan, termasuk insomnia, libido rendah, kehilangan memori, dan berat yang tidak diinginkan. Hormon mengendalikan segala sesuatu dalam tubuh, bertindak sebagai pembawa pesan kimia tubuh untuk memastikan fungsi optimal. Misalnya, testosteron rendah dapat membuat penurunan libido Anda, sementara rendahnya tingkat progesteron dikaitkan dengan insomnia dan gangguan tidur lainnya.
3. Mengendalikan stres
Stres kronis dapat meningkatkan jumlah kortisol yang disekresikan per hari dan menyebabkan kenaikan berat badan, lekas marah, insomnia, gangguan mood, libido rendah, gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi. Lakukan teknik pernapasan perut yang dalam dan yoga untuk mengurangi stres. Latihan kardiovaskular juga membantu mengurangi stres karena meningkatkan kadar endorfin, hormon yang dapat meningkatkan mood.
4. Membangun kulit yang sehat
Adalah organ terbesar dan kulit dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih daripada bagian tubuh lainnya. Tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit Anda dari matahari adalah untuk meningkatkan dan memastikan kecukupan asupan antioksidan vitamin A, C, D dan E. Makan buah-buahan dan sayuran organik juga berwarna cerah meningkatkan kadar vitamin ini. Vitamin bekerja lebih keras sebagai tabir surya alami untuk tubuh dan membantu dalam pencegahan penuaan kulit dan kanker kulit.
5. Tidur yang cukup dan teratur
Para peneliti telah menemukan bahwa kualitas dan kuantitas tidur sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan Anda. Tidur yang cukup juga membuat Anda lebih cocok setiap hari dan terlihat lebih muda. Ketika Anda tidur, tubuh menjalankan semacam 'modus perbaikan', yaitu untuk memperbaiki kerusakan dari aktivitas hari Anda dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tindakan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar